Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 21 Oktober 2012

definisi manajmen umum

Kata manajmenberasaldaribahasapranciskunoménagement, yang memilikiartisenimelaksanakandanmengatur.Manajmenbelummemilikidefinisi yang mapandanditerimasecara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikanmanajemensebagaisenimenyelesaikanpekerjaanmelalui orang lain. Definisiiniberartibahwaseorangmanajerbertugasmengaturdanmengarahkan orang lainuntukmencapaitujuanorganisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikanmanajemensebagaisebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, danpengontrolansumberdayauntukmencapaisasaran (goals) secaraefektifdanefesien. Efektifberartibahwatujuandapatdicapaisesuaidenganperencanaan, sementaraefisienberartibahwatugas yang adadilaksanakansecarabenar, terorganisir, dansesuaidenganjadwal. Kata manajemenmungkinberasaldaribahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikankuda” yang berasaldaribahasalatinmanus yang berati “tangan”. Kata inimendapatpengaruhdaribahasaPerancismanège yang berarti “kepemilikankuda” (yang berasaldariBahasaInggris yang berartisenimengendalikankuda), dimanaistilahInggrisinijugaberasaldaribahasa Italia.BahasaPrancislalumengadopsi kata inidaribahasaInggrismenjadiménagement, yang memilikiartisenimelaksanakandanmengatur. Banyakkesulitan yang terjadidalammelacaksejarahmanajemen.Namundiketahuibahwailmumanajementelahadasejakribuantahun yang lalu.Hal inidibuktikandenganadanyapiramida di Mesir.Piramidatersebutdibangunolehlebihdari 100.000 orang selama 20 tahun.Piramida Giza takakanberhasildibangunjikatidakadaseseorang—tanpamempedulikanapasebutanuntukmanajerketikaitu—yang merencanakanapa yang harusdilakukan, mengorganisirmanusiasertabahanbakunya, memimpindanmengarahkanparapekerja, danmenegakkanpengendaliantertentugunamenjaminbahwasegalasesuatunyadikerjakansesuairencana. Sebelumabad ke-20, terjadiduaperistiwapentingdalamilmumanajemen.Peristiwapertamaterjadipadatahun1776, ketikaAdam Smithmenerbitkansebuahdoktrinekonomiklasik, The Wealth of Nation.Dalambukunyaitu, iamengemukakankeunggulanekonomis yang akandiperolehorganisasidaripembagiankerja (division of labor), yaituperincianpekerjaankedalamtugas-tugas yang spesifikdanberulang. Denganmenggunakanindustripabrikpenitisebagaicontoh, Smith mengatakanbahwadengansepuluh orang—masing-masingmelakukanpekerjaankhusus—perusahaanpenitidapatmenghasilkankuranglebih 48.000 penitidalamsehari.Akan tetapi, jikasetiap orang bekerjasendirimenyelesaikantiap-tiapbagianpekerjaan, sudahsangathebatbilamerekamampumenghasilkansepuluhpenitisehari. Smith menyimpulkanbahwapembagiankerjadapatmeningkatkanproduktivitasdengan (1) meningkatnyaketerampilandankecekatantiap-tiappekerja, (2) menghematwaktu yang terbuangdalampergantiantugas, dan (3) menciptakanmesindanpenemuan lain yang dapatmenghemattenagakerja.   Teorimanajemen Manajemenilmiah Manajemenilmiah, ataudalambahasaInggrisdisebutscientific management, pertama kali dipopulerkanolehFrederick Winslow Taylordalambukunya yang berjudulPrinciples of Scientific Managementpadatahun1911.Dalambukunyaitu, Taylor mendeskripsikanmanajemenilmiahadalah “penggunaanmetodeilmiahuntukmenentukancaraterbaikdalammenyelesaikansuatupekerjaan.” BeberapapenulissepertiStephen Robbinsmenganggaptahunterbitnyabukuinisebagaitahunlahiryateorimanajemen modern. Ide tentangpenggunaanmetodeilmiahmunculketika Taylor merasakurangpuasdenganketidakefesienanpekerja di perusahaannya.Ketidakefesienanitumunculkarenamerekamenggunakanberbagaimacamteknik yang berbedauntukpekerjaan yang sama—nyaristakadastandarkerja di sana. Selainitu, parapekerjacenderungmenganggapgampangpekerjaannya.Taylor berpendapatbahwahasildariparapekerjaituhanyalahsepertigadari yang seharusnya. Taylor kemudian, selama 20 tahun, berusahakerasmengoreksikeadaantersebutdenganmenerapkanmetodeilmiahuntukmenemukansebuah “teknik paling baik” dalammenyelesaikantiap-tiappekerjaan. Berdasarkanpengalamannyaitu, Taylor membuatsebuahpedoman yang jelastentangcarameningkatkanefesiensiproduksi. Pedomantersebutadalah: 1. Kembangkanlahsuatuilmubagitiap-tiapunsurpekerjaanseseorang, yang akanmenggantikanmetode lama yang bersifatuntung-untungan. 2. Secarailmiah, pilihlahdankemudianlatihlah, ajarilah, ataukembangkanlahpekerjatersebut. 3. Bekerjasamalahsecarasungguh-sungguhdenganparapekerjauntukmenjaminbahwasemuapekerjaandilaksanakansesuaidenganprinsip-prinsipilmu yang telahdikembangkantadi. 4. Bagilahpekerjaandantanggungjawabsecarahampirmerataantaramanajemendanparapekerja. Manajemenmengambilalihsemuapekerjaan yang lebihsesuaibaginyadaripadabagiparapekerja. Fungsimanajemen Fungsimanajemenadalahelemen-elemendasar yang akanselaluadadanmelekat di dalam proses manajemen yang akandijadikanacuanolehmanajerdalammelaksanakankegiatanuntukmencapaitujuan. Fungsimanajemenpertama kali diperkenalkanolehseorangindustrialisPerancisbernama Henry Fayolpadaawalabad ke-20.Ketikaitu, iamenyebutkan lima fungsimanajemen, yaitumerancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, danmengendalikan. Namunsaatini, kelimafungsitersebuttelahdiringkasmenjadiempat, yaitu: 1. Perencanaan (planning)adalahmemikirkanapa yang akandikerjakandengansumber yang dimiliki. Perencanaandilakukanuntukmenentukantujuanperusahaansecarakeseluruhandancaraterbaikuntukmemenuhitujuanitu. Manajermengevaluasiberbagairencanaalternatifsebelummengambiltindakandankemudianmelihatapakahrencana yang dipilihcocokdandapatdigunakanuntukmemenuhitujuanperusahaan. Perencanaanmerupakan proses terpentingdarisemuafungsimanajemenkarenatanpaperencanaan, fungsi-fungsilainnyatakdapatberjalan. 2. Pengorganisasian (organizing)dilakukandengantujuanmembagisuatukegiatanbesarmenjadikegiatan-kegiatan yang lebihkecil. Pengorganisasianmempermudahmanajerdalammelakukanpengawasandanmenentukan orang yang dibutuhkanuntukmelaksanakantugas-tugas yang telahdibagi-bagitersebut. Pengorganisasiandapatdilakukandengancaramenentukantugasapa yang harusdikerjakan, siapa yang harusmengerjakannya, bagaimanatugas-tugastersebutdikelompokkan, siapa yang bertanggungjawabatastugastersebut, padatingkatanmanakeputusanharusdiambil. 3. Pengarahan (directing)adalahsuatutindakanuntukmengusahakan agar semuaanggotakelompokberusahauntukmencapaisasaransesuaidenganperencanaanmanajerialdanusaha-usahaorganisasi. Jadiactuatingartinyaadalahmenggerakkan orang-orang agar maubekerjadengansendirinyaataupenuhkesadaransecarabersama-samauntukmencapaitujuan yang dikehendakisecaraefektif. Dalamhalini yang dibutuhkanadalahkepemimpinan (leadership). 4. Pengevaluasian (evaluating)adalah proses pengawasandanpengendalianperformaperusahaanuntukmemastikanbahwajalannyaperusahaansesuaidenganrencana yang telahditetapkan. Seorangmanajerdituntutuntukmenemukanmasalah yang adadalamoperasionalperusahaan, kemudianmemecahkannyasebelummasalahitumenjadisemakinbesar.

Tidak ada komentar: